Tugas dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado

Sesuai Peraturan Walikota Manado Nomor 45 tahun 2016 tentang Kududukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Maka Tugas Pokok Dinas Komunikasi dan Informatika kota Manado yaitu membantu walikota dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik.

Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado yaitu:

  • Pelaksana urusan pemerintahan di bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi;
  • Pelaksanaan penelitian dan pengembangan terapan serta pendidikan dan pelatihan tertentu dalam rangka mendukung kebijakan di bidang urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian dan otonomi daerah;
  • Pelaksanaan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai lingkup bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik.

Dalam peraturan tersebut dijabarkan tugas pokok dan fungsi organisasi Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado dalam rangka mewujudkan upaya mencerdaskan, mensejahterakan dan melindungi masyarakat melalui penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat secara profesional, akuntabel, transparansi dan partisipatif.