Sosialisasi Internet Sehat Dan Aman Untuk Pelajar SMP Negeri 10 Manado

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado melaksanakan Sosialisasi tentang Internet Sehat dan Aman (Cyber Troops) dalam rangka kegiatan Pengelolaan Persandian Diskominfo Kota Manado di SMP Negeri 10 Manado, Rabu (28/11/2018).

Regulasi Pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diambil dari, Undang-Undang (UU) No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan kepala Lembaga Sandi Negara no 9 tahun 2016 tentang Nomenklatur Perangkat Daerah dan Unit Kerja pada perangkat Daerah urusan Pemerintah Bidang Persandian, Peraturan Daerah Kota Manado no 4 tahun 2008 tentang Tata Kerja Dinas Daerah Kota Manado, dan Peraturan Walikota Manado No 45 tahun 2016 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Diskominfo Kota Manado.
Maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adakah agar generasi muda khususnya siswa dan siswi SMP Negeri 1. Manado mendapat pengetahuan tentang cara berinternet sehat dan aman seiring dengan perkembangan teknologi infomasi yang begitu pesat. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan generasi muda dapat mengetahui dampak positif dan negatif dalam beinternet.
Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup masyarakat dalam berkomunikasi, belajar, bekerja dan aspek lainnya. Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti surat elektronik serta jejaring sosial yang dianggap lebih efektif. Demikian juga informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif dan konten negatif.
Pengaruh konten negatif sudah sering dilihat diberbagai media berupa pencemaran nama baik, pemuatan gambar porno, penipuan, perjudian, dan berita bohong. Untuk menghindari kejahatan media sosial, penggunaan internet sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat.
Kegiatan Sosialisasi Diskominfo tentang Internet Sehat dan Aman, dengan narasumber Kepala Bidang Persandian Bapak Noldy Kilapong dan beberapa tokoh dibidang persandian diskominfo. Kegiatan ini dihadiri oleh 122 (Seratus Dua Puluh Dua) orang siswa.

  • redaksi
  • 29 November 2018
  • 24 Kali Dilihat